Penerapan teknologi artificial intelligence (AI) semakin berkembang pesat di industri finansial, khususnya dalam analisis bank statement. Menurut Komang Mertayasa, seorang Machine Learning Engineer dari Devoteam G Cloud, bank-bank saat ini menetapkan tiga prioritas utama di tengah dinamika pasar yang terus berubah. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Google Cloud menawarkan solusi Gen AI yang dapat mendukung prioritas-prioritas tersebut dalam industri finansial.

Baca Juga:
Apakah Indonesia Siap Menghadapi Era Kecerdasan Buatan?
Apakah Apple Intelligence Mewujudkan Visi Steve Jobs?

Use Case dalam Industri Finansial

Dalam konteks industri finansial, teknologi Gen AI memiliki beberapa use case yang signifikan:

1. Transformasi Industri Finansial

Di era open banking, FSI (Financial Services Institutions) perlu menyediakan layanan yang personal dan seamless di berbagai platform. Gen AI memungkinkan personalisasi mendalam dengan menganalisis data nasabah untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan. Hal ini juga membantu FSI untuk menjangkau nasabah melalui berbagai saluran dan mendorong pertumbuhan bisnis.

2. Efisiensi Operasional dengan Gen AI

Bank-bank terus mencari cara untuk meningkatkan produktivitas. Gen AI dapat memberikan otomatisasi dan kecerdasan buatan untuk menyederhanakan proses-proses kompleks di back-office, seperti pemrosesan dokumen dan manajemen risiko. Dengan demikian, efisiensi meningkat, biaya operasional berkurang, dan karyawan dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis.

3. Manajemen Risiko Lebih Efektif dengan Gen AI

Regulasi yang ketat menuntut industri FSI untuk mengelola risiko dengan lebih efektif. Gen AI membantu FSI dalam menganalisis data secara real-time dan mengelola risiko dengan lebih baik.

Transformasi Proses Bank Statement Analysis

Komang menekankan bahwa penerapan Generative AI dapat mengubah proses Bank Statement Analysis menjadi lebih cepat dan efisien. Analisis finansial yang biasanya memakan banyak waktu dapat disederhanakan dengan sistem yang terstruktur dan terintegrasi.

Peran Google Cloud dalam Transformasi Industri Finansial

Google menawarkan State of The Art model Generative AI bernama Gemini, yang memiliki kemampuan multimodal untuk menerima berbagai jenis data sebagai input. Hal ini memungkinkan perusahaan-perusahaan di sektor finansial untuk mengotomatisasi proses-proses yang sebelumnya memakan waktu dan kompleks.

Baca Juga:
Revolusi AI dan Dampaknya Terhadap Lapangan Kerja
Daftar Pekerjaan yang Tidak Bisa Digantikan AI

Kesimpulan

Dengan menerapkan teknologi Gen AI, proses ekstraksi data dari rekening koran nasabah dapat dilakukan lebih cepat dan akurat. Solusi ini termasuk dalam menghitung total debit, kredit, dan saldo rata-rata per bulan. Dengan demikian, tim analis dapat bekerja lebih efisien, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Dengan begitu, teknologi AI seperti Gen AI terbukti menjadi solusi yang penting bagi industri finansial dalam mengoptimalkan operasional mereka.

AI

Tagged in: