Topik hangat adalah transformasi pekerjaan oleh kecerdasan buatan (AI), yang memicu kekhawatiran penggantian pekerja manusia di berbagai bidang. Meskipun demikian, masih ada harapan bahwa dampak negatif tersebut dapat dikelola. Prediksi menyatakan bahwa kecerdasan buatan akan mengakibatkan hilangnya banyak pekerjaan, dengan 37% pemimpin bisnis memproyeksikan penggantian pekerja pada 2023. Sementara 44 persen mengantisipasi pemutusan hubungan kerja pada 2024 karena efisiensi AI.

Baca Juga: Mengintip Dunia Kecerdasan Buatan

Pandangan Elon Musk dan Pertentangan Para Ahli

Elon Musk, pendiri Twitter sebelumnya, menyatakan keyakinannya bahwa kecerdasan buatan akan membawa manusia pada titik “tidak ada pekerjaan yang dibutuhkan.” Meski banyak laporan PHK terinspirasi oleh AI, beberapa ahli tidak sepakat dengan pandangan Musk. Julia Toothacre, ahli strategi resume dan karier di ResumeBuilder, menyoroti bahwa angka-angka penelitiannya mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan keragaman lanskap bisnis. Banyak organisasi tradisional dan bisnis kecil belum sepenuhnya merangkul teknologi seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar.

Realitas PHK dan Potensi Perubahan

Meskipun PHK menjadi kenyataan bagi yang tergantikan oleh AI, teknologi ini juga memberikan peluang bagi pemimpin bisnis untuk merestrukturisasi pekerjaan. Alex Hood, kepala bagian produk di Asana, perusahaan manajemen proyek dan kolaborasi, mencatat bahwa teknologi AI dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk “pekerjaan tentang pekerjaan,” seperti pembaruan status dan komunikasi lintas departemen.

Transformasi Pekerjaan dengan Pemahaman AI

Marc Cenedella, pendiri Leet Resumes and Ladders, menyatakan bahwa dengan AI menangani pekerjaan berbasis tugas, manusia sebenarnya memiliki peluang untuk meningkatkan keterampilan mereka. Dalam konteks perekonomian, pekerja dapat fokus pada integrasi, penyusunan, atau pengembangan definisi pekerjaan berbasis tugas. Cenedella membandingkan pergeseran ini dengan budaya kantor abad pertengahan di mana juru ketik tersebar di seluruh lantai, sesuatu yang kini telah dihilangkan oleh efisiensi pengolah kata.

Baca Juga: 4 Kegagalan Manusia Vs Kecerdasan Buatan

Namun, walaupun kekhawatiran terhadap penggantian pekerja oleh kecerdasan buatan masih ada, ada peluang untuk mengubahnya menjadi transformasi pekerjaan dan meningkatkan efisiensi di tempat kerja.

Tagged in: