Pada tahun lalu, LinkedIn mulai mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) ke dalam platformnya untuk memperbaiki pengalaman pencari kerja. Saat ini, LinkedIn telah meluncurkan fitur-fitur baru yang berbasis AI untuk pelanggan premium mereka yang #OpentoWork. Fitur-fitur ini mencakup penyusunan resume yang dipersonalisasi, bantuan dalam menyusun surat lamaran, serta kemampuan untuk melakukan pencarian kerja yang lebih efektif melalui interaksi langsung.

Baca Juga:
Kecerdasan Buatan Berpotensi Membantu Pekerjaan Manusia
Daftar Pekerjaan yang Tidak Bisa Digantikan AI

Pencarian Pekerjaan Lebih Efisien dengan AI LinkedIn

Perubahan signifikan yang dibawa oleh LinkedIn termasuk kemampuan untuk melakukan pencarian pekerjaan dengan lebih spesifik. Pengguna sekarang dapat mencari posisi dengan pertanyaan langsung seperti “cari pekerjaan pemasaran yang full remote dengan gaji minimal $100.000 per tahun” atau “cari peran pengembangan bisnis di industri bioteknologi.” Fitur ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam mencari pekerjaan, di mana pencarian dengan kata kunci seringkali tidak efektif.

Bantuan AI dalam Penyusunan Resume dan Surat Lamaran

Setelah menemukan pekerjaan yang diinginkan, LinkedIn memberikan bantuan lebih lanjut melalui AI untuk meningkatkan aplikasi pengguna. Pengguna dapat mengunggah resume mereka, dan AI LinkedIn akan memberikan saran terkait penyesuaian yang diperlukan berdasarkan deskripsi pekerjaan yang dituju. Ini termasuk saran tentang pengalaman yang perlu ditekankan atau penulisan ulang secara keseluruhan. Selain itu, LinkedIn dapat secara otomatis membuat surat lamaran berdasarkan informasi yang tersedia dari pengguna.

Visi ke Depan: Membantu Pencari Kerja Memulai

Rohan Rajiv, sebagai Product Manager, menyatakan bahwa tujuan dari fitur-fitur ini adalah untuk membantu pengguna mengungkapkan diri lebih baik dalam pencarian kerja dan memulai prosesnya dengan lebih lancar. Meskipun demikian, Rajiv mengakui bahwa teknologi AI masih berkembang dan berpotensi mengotomatisasi lebih banyak aspek dalam lamaran kerja ke depan.

Baca Juga:
Teknologi AI, Apakah Akan Menggantikan Pekerjaan Kita?
Prediksi AI tentang Pemenang Ballon d’Or Hingga 2038

Dengan demikian, inovasi-inovasi terbaru dari LinkedIn tidak hanya mempercepat proses pencarian kerja tetapi juga mengubah cara pencari kerja berinteraksi dengan platform untuk meningkatkan peluang karier mereka.

AI

Tagged in: