Kecerdasan buatan atau AI telah memungkinkan penciptaan robot yang mampu membantu berbagai tugas manusia, termasuk dalam situasi penyelamatan bencana. Meskipun AI sering kali dilihat sebagai ancaman bagi pekerjaan manusia, kemampuannya untuk berkolaborasi dengan manusia juga dapat meningkatkan efisiensi kerja.

Baca Juga:
Bagaimana Teknologi AI Mengubah Kehidupan Kita?
Prediksi AI tentang Pemenang Ballon d’Or Hingga 2038

Kecerdasan Buatan yang Membantu Berbagai Tugas Manusia

Berikut adalah beberapa jenis robot yang telah dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia, berdasarkan laporan dari World Economic Forum (WEF).

1. Robot Pengiriman Barang

Di Zurich, Swiss, perusahaan Swiss-Mile telah mengembangkan robot beroda empat yang mampu mempercepat pengiriman barang di perkotaan. Robot ini dapat bergerak secara mandiri, naik tangga, dan berdiri menggunakan dua roda belakang. Robot ini mampu mengatasi hambatan pengiriman, seperti kemacetan, dengan cara yang lebih cepat dan efisien.

2. Robot Asisten di Tempat Kerja

Pada Agustus 2021, Robot Atlas menjadi perbincangan karena kemampuannya dalam membantu pekerjaan manusia. Dalam sebuah demonstrasi, robot ini dapat mengambil tas perkakas, membuat jalan setapak dengan papan kayu, dan mengirimkan tas tersebut ke pekerja di platform tinggi.

3. Robot Kecerdasan Buatan Pertanian

Verdant Robotics, sebuah perusahaan rintisan dari Amerika, mengembangkan robot untuk membantu petani. Robot ini dapat melakukan penyiangan, penyuburan, mengatasi penyakit tanaman, dan mengumpulkan data pertanian. Teknologi ini memungkinkan “pertanian presisi” yang dapat mengurangi penggunaan pestisida dan meningkatkan efektivitas pertanian.

4. Robotika untuk Kepedulian Sosial

Di Skotlandia, robotika dan AI digunakan dalam layanan sosial di National Robotarium. Robot-robot ini dapat memantau kondisi kesehatan jangka panjang, membantu orang melakukan tugas sehari-hari seperti menyalakan lampu, membuka pintu, dan menonton TV. Tujuannya adalah membantu masyarakat hidup lebih mandiri dan memberikan waktu istirahat bagi pengasuh.

5. Robot Pencarian dan Penyelamatan

Dalam situasi bencana, ada area yang sulit dijangkau oleh manusia. Robot penyelamat dapat memberikan dukungan berharga bagi tim pencarian dan penyelamatan. Misalnya, Teledyne FLIR menggunakan robot kecil dengan trek, kamera, dan sensor untuk mencari di reruntuhan dan memanjat rintangan. Pada Juni 2021, robot ini digunakan saat sebagian blok menara runtuh di Surfside, Florida. Di Jepang, robot seperti Active Scope Camera, yang berbentuk selang dengan kamera video, digunakan untuk mencari di dalam bangunan yang runtuh, didukung oleh drone untuk pemantauan dari udara.

Baca Juga:
Fenomena Punya Pacar AI, Jomblo Harus Coba?
Apa Ancaman Terbesar dari Kemajuan Kecerdasan Buatan?

Robot-robot ini menunjukkan bagaimana AI dan robotika dapat bekerja sama untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan dalam berbagai situasi, mulai dari pengiriman barang hingga penyelamatan di zona bencana.

AI

Tagged in: