Google semakin menunjukkan komitmennya terhadap kehadiran kecerdasan buatan dalam setiap produknya. Baru-baru ini, sejumlah alat berbasis kecerdasan buatan generatif diluncurkan, termasuk dalam pembuatan gambar berdasarkan perintah teks.

Baca Juga: Mengintip Dunia Kecerdasan Buatan

Salah satu alat terbaru yang bernama ImageFX akan dilengkapi dengan tag dari SynthID dan menggunakan metadata IPTC. ImageFX berfungsi sebagai platform kecerdasan buatan yang mengubah teks menjadi gambar. Alat ini memberikan informasi apakah suatu gambar hasil karya kecerdasan buatan, terutama yang muncul dalam Google Search dan Chrome.

“Akan memberikan lebih banyak informasi pada setiap orang saat menemukan gambar yang dihasilkan kecerdasan buatan,” kata Google.

Selain memperkenalkan alat baru, Google juga melakukan pembaruan pada dua alat lainnya. Salah satunya adalah MusicFX, yang mengalami peningkatan pada model MusicLM agar musik dapat hadir lebih cepat dengan kualitas audio yang tinggi dan berbagai fitur baru.

Selanjutnya, ada juga TextFX yang mengalami pembaruan untuk meningkatkan navigasi dan pengalaman penggunanya.

Namun, ketiga produk ini belum tersedia untuk semua pengguna. ImageFX, MusicFX, dan TextFX hanya dapat diakses oleh pengguna di Amerika Serikat, Kenya, Selandia Baru, dan Australia. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam ketiganya terbatas hanya pada bahasa Inggris. Pengguna dapat mengakses semua produk ini melalui AI Test Kitchen.

Perlu diperhatikan bahwa Model Imagen 2 juga mendapat perhatian khusus. Teknologi ini menggunakan kecerdasan buatan generatif dalam beberapa produk dan layanan Google, seperti Bard, Search, Ads, Duet AI di Workspace, dan VertexAI. Google mengumumkan dukungan Model Imagen 2 pada gambar baru dalam ImageFX, dengan tujuan meningkatkan kualitas gambar pada area yang sulit diatasi sebelumnya.

Baca Juga: 4 Kegagalan Manusia Vs Kecerdasan Buatan

Terakhir, Google juga memperluas cakupan pengguna Gemini Pro di Bard. Layanan ini sekarang dapat diakses dalam 40 bahasa di 230 negara, menunjukkan upaya Google dalam meningkatkan aksesibilitas layanannya secara global.

Tagged in: