Limited edition artinya edisi terbatas. Berdasarkan Collins Dictionary, limited edition mengacu pada edisi produk seperti buku, piring, dan sebagainya yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Dalam bisnis, istilah ini sering digunakan untuk memberikan kesan bahwa produk tersebut unik atau langka. Namun, jumlah produksi sebenarnya bisa saja sama dengan kapasitas produksi normal. Inilah arti limited edition dalam konteks bisnis.

Trik “Limit and Newness” dalam Bisnis

Menurut buku “Pakar Marketing Framework” oleh Aditya Kristanto Goenawan, terdapat trik yang disebut limit and newness. Limit berarti produk Anda terbatas dan newness berarti selalu memiliki produk baru setiap beberapa waktu agar konsumen tidak merasa bosan. Contohnya, suatu perusahaan menjual produk limited edition setiap tanggal 1 setiap bulannya pukul 08.00. Dengan branding yang baik, konsumen akan rela membeli dengan harga lebih tinggi agar tidak kehabisan produk tersebut.

Baca Juga:
Bagaimana Memulai Bisnis Sambal Kemasan yang Sukses?
Mengapa Rebranding Penting bagi Bisnis?

Fungsi Limited Edition dalam Bisnis

  1. Media Promosi: Label limited edition bisa digunakan sebagai media promosi karena kesan produk terbatas dapat meningkatkan minat konsumen dan akhirnya meningkatkan angka penjualan.
  2. Meningkatkan Loyalitas: Produk limited edition dengan kualitas bagus dapat meningkatkan loyalitas atau retensi konsumen, membuat mereka cenderung untuk berlangganan dan membeli produk dari perusahaan yang sama di masa mendatang.
  3. Tes Pasar: Produk limited edition bisa menjadi media untuk melakukan tes pasar. Produsen dapat melihat respons konsumen terhadap produk tersebut dan jika permintaan sangat tinggi, mereka dapat melakukan restock di kemudian hari.

Faktor Pengaruh Konsumen Membeli Limited Edition

  1. Isyarat Kelangkaan: Label limited edition memberikan efek psikologis bahwa orang akan lebih menghargai komoditas saat hal itu sulit diperoleh. Kelangkaan dapat meningkatkan nilai dari produk tersebut.
  2. Unik dan Istimewa: Produk limited edition dikaitkan dengan kebutuhan akan keunikan atau keistimewaan. Dengan menggunakan produk unik, diharapkan produk itu menjadi pembeda dengan orang lain.
  3. Kolaborasi Brand-Retailer: Produsen juga mungkin melakukan kolaborasi dengan brand-retailer lainnya untuk menciptakan unsur kelangkaan, keunikan, dan keistimewaan sehingga penggunanya akan merasa berbeda dari yang lain.

Baca Juga:
Mengapa Jastip Menjadi Pilihan Bisnis yang Menjanjikan?
Strategi Sukses Bisnis Sayuran Online

Limited edition adalah produk edisi khusus yang diproduksi dalam jumlah terbatas, dan bisa menjadi strategi bisnis yang ampuh untuk meningkatkan penjualan serta pendapatan perusahaan. Arti limited edition sendiri merujuk pada produk yang hanya tersedia dalam kuantitas terbatas, menciptakan kesan eksklusivitas dan keunikan.

Tagged in: