Adobe baru-baru ini merilis alat AI audio eksperimental untuk Adobe Photoshop, yang dikenal sebagai Project Music GenAI Control. Alat ini dijelaskan sebagai alat pengeditan dan pembuatan musik AI tahap awal. Project Music GenAI Control menghasilkan musik dari perintah teks, disempurnakan dalam antarmuka yang sama untuk kreativitas audio yang optimal.

Baca Juga: Ancaman AI: Nyata atau Spekulasi Berlebihan?

Alat ini berbasis Firefly, menghilangkan kebutuhan untuk memindahkan output ke aplikasi eksternal seperti Pro Tools, Logic Pro, atau GarageBand untuk pengeditan. Adobe memastikan alat ini menyelesaikan alur kerja musik secara end-to-end, menghindari potongan manual pada intro, outro, dan audio latar.

Pengguna disarankan untuk memulai dengan input teks seperti “power rock,” “happy dance,” atau “sad jazz” sebagai dasar. Kemudian, mereka dapat menyesuaikan tempo, struktur, pengulangan, intensitas, panjangnya, mencampur bagian, atau membuat loop dengan memasukkan lebih banyak perintah. Bahkan, Adobe mengklaim dapat mengubah audio berdasarkan melodi referensi.

Adobe menegaskan bahwa musik yang dihasilkan oleh alat ini dapat digunakan secara komersial. Mereka juga mengintegrasikan kredensial konten untuk memberikan transparansi tentang bantuan AI dalam pembuatan musik. Menurut ilmuwan Alat ini tidak hanya menghasilkan audio tetapi juga memberikan kontrol mendalam yang sama seperti Adobe Photoshop dalam membentuk, mengubah, dan mengedit audionya, menciptakan kendali tingkat piksel untuk musik.

Baca Juga: CEO OpenAI Khawatir Terhadap Dampak Sosial AI

Proyek ini merupakan hasil kerjasama dengan University of California, San Diego, dan School of Computer Science, Carnegie Mellon University. Meskipun Adobe menekankan sifat eksperimental dari Project Music GenAI Control, mereka menyatakan bahwa fitur ini mungkin akan masuk ke dalam Creative Cloud Adobe setelah beberapa waktu.

Tagged in: