Metaverse membawa perubahan signifikan dalam paradigma pemasaran. Saat ini, praktisi pemasaran produk dan merek dapat memanfaatkan video game berbasis realitas tambahan (Augmented Reality/AR) atau realitas virtual (Virtual Reality/VR) sebagai langkah awal sebelum menyelami lebih dalam ke dalam Metaverse. Peluang pemasaran di dunia virtual menjadi mungkin berkat perangkat keras terbaru seperti Meta, Snap, dan Samsung yang merilis headset VR yang unggul dan terjangkau. Seiring dengan pertumbuhan pengguna game di Metaverse AR dan VR, pasar dan permintaan produk berkembang.

Baca Juga: Transformasi Pekerjaan di Era AI: Bencana dan Peluang

Menurut survei Comscore Juni 2021 dengan responden usia 18-65 tahun, 42% mengharapkan penempatan produk yang relevan dalam video game VR dan AR. Selain itu, 30% berharap ada penempatan produk yang memenuhi kebutuhan pemain game di Metaverse. Fortnite telah menjadi pionir di ruang virtual, tidak hanya sebagai game, tetapi juga memberikan ruang bagi pemasaran dan merek. Ini memungkinkan praktisi pemasaran menguji aspek sosial Metaverse tanpa terlalu memikirkan spesifikasi teknologi.

Beberapa game di Metaverse menawarkan fitur personalisasi dan interaksi dengan lingkungan sekitar, seperti Roblox, Animal Crossing, dan Fortnite. Di sini, pengguna dapat merancang pakaian, mengundang pemain lain, dan menciptakan pengalaman unik. Hal ini menjadi peluang menarik bagi praktisi pemasaran, baik melalui aktivasi berbayar maupun organik.

Terobosan pemasaran Metaverse juga telah dijalankan oleh perancang mode terkemuka. Gucci Garden di Roblox memungkinkan pengguna menjelajahi ruangan indah dan membeli tas Gucci virtual, terjual sebanyak 4,5 juta produk dalam dua pekan. Brand juga dapat menjadi tuan rumah di dunia virtual ini, seperti Vans dengan tema skateboard di Roblox, yang mendatangkan lebih dari 61,3 juta kunjungan sejak peluncurannya pada April 2021.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan AI

Inovasi Pemasaran Melalui Acara Game di Metaverse

Konser Lil Nas di Roblox, November 2020, tarik perhatian dengan 33 juta penonton. Para pemain game bersedia melihat merek dalam permainan, tetapi penting untuk memastikan integrasi yang harmonis dengan lingkungan permainan. Metaverse membuka pintu bagi inovasi pemasaran yang menggabungkan kreativitas dan interaktivitas untuk mencapai audiens yang semakin terhubung di dunia virtual.

Tagged in: