Kemenko Perekonomian: Indonesia kalah dalam kecepatan internet di ASEAN, baik di seluler maupun kabel. Musdhalifah Machmud, dalam konferensi media, menekankan bahwa meskipun penetrasi internet tinggi, kecepatannya tertinggal di ASEAN.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Mencoba Layanan Internet Starlink di Indonesia?
Strategi Ampuh Meningkatkan Koneksi Telkomsel

Peringkat Kecepatan Internet Indonesia

Menurut Musdhalifah, kecepatan internet kabel di Indonesia berada di peringkat ke-8 dengan kecepatan 28,28 Mbps, sementara kecepatan internet seluler berada di peringkat ke-9 dengan kecepatan 24,65 Mbps, yang merupakan salah satu yang terendah di kawasan tersebut. Akses internet terpusat di Pulau Jawa, sementara digitalisasi UMKM masih kurang memadai.

Literasi Digital dan Keamanan Data

Di Indonesia, literasi digital masih berada dalam kategori sedang, mencatat skor 3,54. Tantangan tersebut disertai dengan fokus pada keamanan siber dan perlindungan data pribadi konsumen, yang menjadi perhatian serius. Menurut National Cyber Security Index (NCSI) tahun 2023, Indonesia ditempatkan pada peringkat 5 di ASEAN dalam hal keamanan siber. Dalam era digital ini, perlindungan data dan keamanan siber menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan oleh negara dan masyarakatnya. Hal ini menunjukkan perlunya upaya lebih lanjut untuk memperkuat infrastruktur siber dan meningkatkan kesadaran akan keamanan digital di semua lapisan masyarakat.

Terkait dengan perlindungan data, penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan regulasi dan pelaksanaan kebijakan yang memastikan perlindungan yang memadai bagi data pribadi konsumen. Selain itu, upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital dan pemahaman akan ancaman siber juga diperlukan. Dengan demikian, Indonesia dapat memperkuat posisinya dalam menjaga keamanan siber dan melindungi data pribadi konsumen, yang merupakan aspek krusial dalam era digital yang terus berkembang.

Baca Juga:
Starlink vs. Internet Lokal: Mana yang Lebih Baik?
Starlink vs Fiber Optik: Mana Lebih Unggul?

Musdhalifah menyoroti kebutuhan percepatan pembangunan infrastruktur internet yang handal, termasuk jaringan serat optik. Perlu peningkatan program pelatihan digital guna menyiapkan tenaga kerja sesuai kebutuhan TIK. Upaya untuk meningkatkan literasi digital juga harus diperkuat guna memastikan masyarakat dapat memanfaatkan perangkat digital secara produktif.

Tagged in: