Di platform media sosial seperti Instagram, banyak ditemukan konten yang mempromosikan produk dengan mengarahkan pengguna untuk mengklik tautan di bio mereka. Metode ini dikenal sebagai affiliate marketing. Strategi ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan penjualan mereka, asalkan memiliki anggaran untuk membayar para affiliate. Affiliate marketing memiliki beberapa kelebihan yang bisa mendukung perkembangan bisnismu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan strategi affiliate marketing.

Baca Juga:
Brand Ambassador: Solusi untuk Promosi di Era Media Sosial?
Apakah Pemasaran Konvensional Masih Relevan di Era Digital?

1. Penjualan yang Meningkat Drastis

Menggunakan affiliate marketing dapat meningkatkan penjualan produk secara signifikan. Hal ini karena affiliate selalu menemukan cara kreatif untuk menarik audiens membeli produkmu. Namun, peningkatan penjualan ini sangat bergantung pada kemampuan affiliate dalam mempromosikan produk. Jika mereka mampu membuat konten yang efektif dan menarik, penjualan akan meningkat. Sebaliknya, jika konten mereka kurang menarik, penjualan mungkin tetap stabil tanpa peningkatan yang diharapkan.

2. Tidak Memerlukan Tim Marketing

Sebagai pebisnis pemula, mungkin kamu merasa perlu memiliki tim marketing untuk memasarkan produk. Biasanya, tim ini dibutuhkan untuk membuat strategi pemasaran seperti iklan dan optimasi media sosial. Namun, dengan sistem affiliate, kamu tidak perlu memiliki tim marketing yang besar. Affiliate sudah menjadi bagian dari strategi pemasaran produkmu. Kamu mungkin hanya perlu tim kecil untuk memantau kinerja affiliate.

3. Memanfaatkan Berbagai Model Affiliate

Para affiliate memiliki beragam cara untuk mempromosikan produkmu, seperti live shopping, ulasan produk, atau video estetik. Ada banyak teknik affiliate lain yang bisa ditemukan, terutama di media sosial. Dengan banyaknya pilihan teknik, kamu bisa memilih affiliate yang paling cocok untuk bisnismu. Misalnya, jika kamu mengandalkan affiliate sebagai sumber keuntungan utama, pilihlah yang memiliki engagement tinggi. Jika hanya sebagai tambahan, kamu tidak perlu mengejar engagement yang terlalu tinggi.

Baca Juga:
Bagaimana Menguasai Teknik Storytelling dalam Marketing?
Memilih Influencer yang Tepat untuk Endorsement Bisnis

4. Pembayaran Berdasarkan Penjualan

Dalam strategi affiliate marketing, pembayaran kepada para afiliasi tidak dilakukan secara bulanan seperti pada tim pemasaran konvensional. Di sini, kamu hanya membayar afiliasi ketika ada produk yang terjual melalui tautan yang mereka bagikan. Hal ini membuat proses pembayaran menjadi lebih efisien dan sesuai dengan hasil yang dicapai. Lebih lanjut, keuntungan dari strategi affiliate marketing adalah fleksibilitas dalam memilih afiliasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Jika ada afiliasi yang kurang memuaskan dalam kinerjanya, kamu dapat dengan mudah menggantinya dengan yang lain yang memiliki audiens yang lebih tertarik dengan produkmu.

Tagged in: