Google telah meningkatkan fitur alat pelacak perangkat, Find My Device, sehingga pengguna dapat melacak lokasi perangkat secara luring (offline). Fitur ini menjadi peningkatan dari sistem Android yang diperkenalkan dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023. Meskipun demikian, saat ini fitur ini hanya tersedia di pasar tertentu seperti Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet di Ponsel Android

Fitur Find My Device secara offline memungkinkan pengguna Android mencari perangkat mereka di lokasi minim jaringan internet. Google mulai memanfaatkan crowdsourced network untuk mengambil data dari perangkat yang menjalankan Android 9.0 atau versi yang lebih baru. Notifikasi akan diberikan pada ponsel atau tablet ketika berada dalam jangkauan tertentu, menggunakan teknologi sinyal Bluetooth dari perangkat elektronik untuk menentukan lokasi secara real-time.

Fitur ini juga diperbarui pada smartphone Google Pixel, di mana Pixel 8 dan Pixel 8 Pro dapat terus dicari melalui Find My Device bahkan dalam kondisi mati. Google juga akan mendukung pelacakan perangkat lain seperti headset dari JBL, Sony, dan vendor terkait lainnya.

Pengguna akan menerima prompt otomatis untuk memberitahu seberapa dekat lokasi antara pemilik dan perangkatnya. Di masa mendatang, Fitur Find My Device juga akan mendeteksi perangkat lain seperti kunci, dompet, dan bagasi melalui koneksi Bluetooth. Google juga akan mendukung fitur peringatan pelacak tidak dikenal di Android dan iOS.

Baca Juga: Apakah WiFi Bisa Memantau Aktivitas Internet Kamu?

Fitur ini diatur secara default untuk meminta pengguna menggunakan akun Google saat ingin mengaktifkannya. Selain itu, untuk menjaga keamanan data lokasi, Google menggunakan sistem enkripsi ujung-ke-ujung (E2EE), sehingga hanya pemilik tag dan orang yang diberi akses yang dapat melihat titik lokasi tag tersebut.

Tagged in: