Hari Raya Idul Fitri 1445 H telah berlalu. Saatnya para pemudik kembali ke perantauan, mencari nafkah untuk mengisi dompet. Sebelum terjerat rutinitas, penting untuk mengevaluasi keuangan Anda. OJK menekankan pentingnya menghindari perilaku keuangan yang merugikan. Berikut beberapa tips mengatur keuangan dari OJK:

Baca Juga: Tips Produktif bagi Mahasiswa Pasca Liburan Lebaran

1. Periksa Catatan Keuangan Lebaran dan Liburan

Pengeluaran selama Lebaran biasanya meningkat karena zakat, tiket mudik, liburan, dan oleh-oleh. Periksa kembali catatan pengeluaran Anda. Apakah sesuai dengan anggaran? Jika lebih hemat, manfaatkan sisa dana untuk ditabung atau diinvestasikan. Jika lebih besar, periksa apakah ada utang atau tabungan terpakai.

2. Lunasi Utang, Terutama Paylater

Paylater memudahkan berbelanja namun dengan bunga dan biaya. Lunasi utang secepatnya untuk menghindari penumpukan utang.

3. Batasi Pengeluaran Harian

Pengeluaran tambahan dan utang bisa mengganggu arus kas. Batasi pengeluaran harian, prioritaskan kebutuhan, dan hindari menambah utang.

4. Konsisten Menabung dan Berinvestasi

Hindarilah kecenderungan untuk sering mencairkan tabungan demi keperluan yang muncul tiba-tiba. Lebih baik jika Anda tetap konsisten dalam menabung dan berinvestasi, terutama dengan memanfaatkan bonus dan Tunjangan Hari Raya (THR) yang Anda terima. Dengan mengalokasikan sebagian dari pendapatan tambahan tersebut untuk menabung dan berinvestasi, Anda dapat membangun cadangan keuangan yang lebih kuat dan menghadapi kebutuhan mendesak di masa depan dengan lebih siap dan lebih terjamin.

5. Pertahankan Kebiasaan Baik dari Bulan Ramadhan

Pertahankan kebiasaan baik seperti hemat dan bersedekah sebagai bagian integral dari pengelolaan keuangan Anda. Dengan disiplin dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif tersebut, tidak hanya akan membantu Anda mengelola keuangan secara efektif, tetapi juga membuka pintu bagi keberlimpahan dalam keuangan Anda. Sebab, dengan sikap hemat, Anda akan lebih bijak dalam menggunakan setiap rupiah yang dimiliki, sedangkan bersedekah akan membuka jalan bagi rezeki yang lebih besar untuk mengalir masuk ke dalam kehidupan Anda. Dengan demikian, dijamin bahwa dompet Anda akan terisi kembali dengan berkah yang melimpah.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Jenuh dalam Berbisnis?

Setelah bulan Ramadhan, mari teruskan kebiasaan baik dalam mengelola keuangan. Dengan begitu, keuangan Anda akan lebih terjaga. Ini adalah kunci penting dalam menjalankan tips mengatur keuangan dengan baik.

Tagged in: