Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) saat ini menjadi teknologi yang dapat mengubah lanskap bisnis secara signifikan. Bagaimana cara memanfaatkan AI agar bisnis bisa berkembang lebih maju? COO IDCloudHost, Adam Darmanto, dalam pertemuan dengan 2.000 profesional di Indonesia Cloud & Data Center Convention, menekankan bahwa AI tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana mengintegrasikannya ke dalam proses bisnis. AI dapat mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih efisien dan efektif.

“Kunci sukses implementasi AI terletak pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan bisnis dan kemampuan adaptasi cepat terhadap perubahan. Dengan strategi yang tepat, AI dapat memberikan nilai tambah signifikan dan membantu bisnis mencapai tujuan dengan lebih efisien,” kata Adam pada Senin (20/5/2024).

Baca Juga:
Peran Kecerdasan Buatan dalam Ekonomi Digital Indonesia
5 Rekomendasi AI Pembuat Gambar Keren dan Mudah Digunakan

Langkah Penting dalam Implementasi AI

Menurut Adam, perusahaan perlu memperhatikan beberapa langkah penting untuk sukses dalam implementasi AI, seperti memahami kebutuhan bisnis, dukungan infrastruktur, kolaborasi tim, kemampuan talenta, dan visi manajemen.

Di kesempatan lain, CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna menyatakan bahwa pihaknya mempersiapkan layanan cloud yang mendukung implementasi AI bagi bisnis. Ini sangat cocok bagi perusahaan yang ingin mengadopsi AI tanpa risiko investasi besar.

“AI memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia. Dengan strategi implementasi yang tepat dan pemilihan cloud provider dengan infrastruktur yang baik, perusahaan dapat mengimplementasikan AI untuk mencapai hasil maksimal sesuai kebutuhan,” ujar Alfian.

Pertumbuhan Industri AI

Industri AI diperkirakan akan meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang. Menurut Next Move Strategy Consulting, nilai pasar AI diperkirakan akan meningkat drastis hingga mencapai 100 miliar dolar AS pada tahun 2030, hampir mencapai dua triliun dolar AS.

Penerapan AI Dapat Mengembangkan Bisnis

Berbagai industri seperti pemasaran, rantai pasokan, pembuatan produk, penelitian, dan analisis sudah menggunakan AI dalam proses bisnis mereka. Tren utama yang akan mendorong kemajuan AI dalam beberapa tahun mendatang termasuk chatbots, pengolahan gambar AI, dan aplikasi mobile.

Baca Juga:
Top 10 AI Paling Populer Saat Ini, Kamu Harus Coba!
Earth-2: Teknologi AI untuk Prediksi Cuaca Lebih Cepat

Dengan pemahaman yang mendalam dan strategi yang tepat, perusahaan dapat menggunakan AI untuk mencapai efisiensi dan pertumbuhan bisnis yang signifikan. AI dapat mengembangkan bisnis dengan lebih baik.

AI

Tagged in: