TikTok ramai dengan berita bahwa pemilik WiFi dapat melacak riwayat pencarian internet seseorang baru-baru ini. Salah satu akun yang berkontribusi dalam penyebaran informasi ini adalah @ilyrinrinn, yang membagikannya pada Minggu (23/6/2024).

Baca Juga:
Apa Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G di Indonesia?
Tips Ampuh Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Rumah

Unggahan tersebut memicu reaksi beragam di antara warganet. Banyak yang mengakui bahwa mereka terkejut karena tidak mengetahui bahwa riwayat pencarian mereka bisa terbaca melalui WiFi yang mereka gunakan.

Verifikasi dari Ahli Keamanan Siber

Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, mengonfirmasi bahwa pemilik jaringan nirkabel memiliki kemampuan untuk melihat riwayat penggunaan dari semua perangkat yang terhubung dengan jaringannya. Namun, ini tergantung pada tingkat kecanggihan perangkat router yang digunakan.

Pentingnya Keamanan dalam Menggunakan WiFi Publik

Alfons juga menegaskan betapa krusialnya menggunakan jaringan nirkabel yang terpercaya dan aman, terutama saat mengakses data sensitif seperti informasi perbankan. Dia menyarankan agar pengguna selalu memastikan bahwa jaringan yang digunakan terlindungi dengan baik dan tidak rentan terhadap potensi ancaman keamanan. Hal ini penting untuk menghindari risiko pencurian data yang bisa terjadi jika menggunakan jaringan WiFi yang tidak terlindungi dengan baik. Mengetahui sumber dan keamanan jaringan juga memberikan perlindungan ekstra terhadap potensi serangan cyber yang bisa merugikan pengguna dalam penggunaan internet sehari-hari.

Baca Juga:
Apakah Aplikasi VPN Gratis itu Aman?
Starlink vs. Internet Lokal: Mana yang Lebih Baik?

Solusi dengan VPN: Melindungi Privasi Anda

Alfons Tanujaya, seorang pakar keamanan siber dari Vaksin.com, menyarankan kepada individu yang prihatin akan privasi online mereka untuk mempertimbangkan penggunaan Virtual Private Network (VPN). Dengan VPN, pengguna dapat melindungi aktivitas online mereka dengan mengenkripsi data dan menyamarkan alamat IP mereka. Ini adalah solusi yang efektif untuk melindungi riwayat pencarian dan aktivitas internet dari mata-mata online dan melindungi informasi sensitif dari pencurian data.

VPN bekerja dengan cara menyediakan saluran terenkripsi antara perangkat pengguna dan internet, melindungi data sensitif seperti informasi login dan detail transaksi. Dengan mengarahkan lalu lintas internet melalui server VPN, pengguna dapat memperoleh keamanan tambahan saat mengakses WiFi publik atau jaringan yang tidak dikenal. Langkah ini penting terutama ketika mengakses aplikasi perbankan atau melakukan transaksi online lainnya, di mana keamanan data sangat krusial.

Tagged in: