Di era teknologi canggih saat ini, internet menjadi kebutuhan utama untuk berbagai aktivitas. Mulai dari browsing, streaming film dan musik, belajar online, hingga rapat kerja melalui platform seperti Zoom. Untuk menunjang kegiatan tersebut, penting untuk mengetahui cara mempercepat jaringan WiFi.

Namun, semua aktivitas ini membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Sayangnya, meskipun menggunakan penyedia layanan internet terbaik, terkadang koneksi bisa melambat.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi WiFi di rumah.

Baca Juga:
Apa Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G di Indonesia?
Apakah Aplikasi VPN Gratis itu Aman?

Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi WiFi

1. Restart Modem atau Router

Modem atau router adalah perangkat penghubung jaringan rumah dengan penyedia layanan internet. Menghidupkan ulang perangkat ini dapat membantu memperbaiki masalah koneksi internet, termasuk mempercepat WiFi. Caranya:

  • Cabut kabel daya modem dari stopkontak.
  • Tunggu sekitar 30 detik.
  • Sambungkan kembali kabel daya ke stopkontak.

2. Nyalakan Ulang WiFi pada Perangkat

Kadang-kadang, masalah koneksi lambat berasal dari perangkat yang terhubung. Jika hanya satu perangkat yang mengalami lambatnya internet, coba langkah berikut:

  • Matikan WiFi pada perangkat dan tunggu sekitar 30 detik.
  • Sambungkan kembali perangkat dengan jaringan WiFi.

3. Perbarui Firmware Router

Firmware adalah sistem operasi pada router. Firmware yang tidak diperbarui dapat mengganggu kinerja dan kecepatan router. Pastikan firmware router selalu terbaru dengan melakukan pembaruan melalui situs web atau aplikasi router.

4. Ubah Frekuensi Router WiFi

Frekuensi router dapat mempengaruhi kecepatan WiFi. Frekuensi 5 GHz lebih stabil dan kurang rentan terhadap gangguan dibandingkan frekuensi 2,4 GHz. Jika perangkat mendukung, coba ganti ke frekuensi 5 GHz.

5. Letakkan Router di Tempat yang Lebih Tinggi

Posisi router mempengaruhi jangkauan dan kecepatan WiFi. Router yang diletakkan di bawah atau tersembunyi dapat terhalang oleh furnitur. Tempatkan router di posisi yang lebih tinggi, seperti di rak atas atau dipasang di dinding dekat langit-langit.

6. Posisikan Router di Tempat yang Tepat

Untuk mendapatkan jangkauan sinyal terbaik, letakkan router di tengah ruangan. Ini akan membantu sinyal WiFi tersebar merata ke seluruh bagian rumah tanpa terhalang oleh furnitur.

7. Gunakan WiFi Extender

WiFi extender berguna untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi di area yang luas atau titik tertentu yang sulit dijangkau. Dengan perangkat ini, kecepatan dan jangkauan WiFi dapat ditingkatkan.

Baca Juga:
Starlink vs. Internet Lokal: Mana yang Lebih Baik?
Strategi Ampuh Meningkatkan Koneksi Telkomsel

Demikianlah beberapa strategi cara mempercepat jaringan WiFi di rumah. Semoga panduan ini berguna bagi Anda dalam meningkatkan kenyamanan saat menggunakan internet.

Tagged in: