Perusahaan berskala kecil tidak ketinggalan dalam merasakan manfaat dari kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI). Berikut adalah enam cara pemanfaatan AI yang dapat dilakukan oleh pebisnis kecil, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Keuntungan Paid Promote Instagram bagi UMKM

1. Kecerdasan Buatan Mendukung Tim Engineering

Teknologi kecerdasan buatan (AI) memiliki potensi untuk mendukung para pengembang dalam proses penulisan kode secara lebih efisien dengan menggunakan alat seperti AI co-pilot. Dengan adopsi teknologi ini, pengembangan perangkat lunak dapat mengalami peningkatan efisiensi yang signifikan, dengan perkiraan peningkatan kisaran antara 20 hingga 500%.

2. Menyederhanakan Operasional melalui Automasi

Penerapan automasi dengan AI memungkinkan optimasi workflow, mengurangi kesalahan akibat pengerjaan manual, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. Automasi ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek, mulai dari data entry hingga layanan pelanggan.

3. Layanan Pelanggan yang Personal dan Scalable

Dengan menganalisis interaksi pelanggan, tool AI memungkinkan pengembangan produk atau layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan. Automasi layanan pelanggan juga memberikan lebih banyak waktu bagi tim untuk fokus pada aktivitas bernilai tinggi.

4. ROI Pemasaran yang Lebih Baik

Solusi pemasaran berbasis AI memungkinkan penjangkauan audiens dengan lebih efektif melalui analisis data besar untuk mengidentifikasi tren konsumen dan mengoptimalkan kampanye iklan.

5. Pengambilan Keputusan Berbasis Data

AI membantu dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan wawasan data yang berharga, memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis mengenai produk, strategi, tren pasar, dan perilaku pelanggan.

6. Kecerdasan Buatan Mendukung Kinerja Karyawan

Meskipun ada kekhawatiran tentang penggantian pekerjaan manusia oleh AI, tool AI dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan mengotomatisasi tugas-tugas rutin, sehingga membebaskan waktu untuk aktivitas yang lebih strategis dan kreatif.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Terkini untuk UMKM di Era Digital

Pemanfaatan kecerdasan buatan membuka peluang baru bagi pebisnis kecil untuk meningkatkan efisiensi, memperkuat strategi pemasaran, dan mengoptimalkan pengambilan keputusan berbasis data, sehingga meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

Tagged in: