Menurut laporan terbaru tentang perilaku belanja online di Indonesia tahun 2023 dari platform omnichannel social commerce SleekFlow, hingga 55% calon konsumen toko online berpotensi besar membatalkan transaksinya jika tidak mendapat respons yang cepat dalam chat. Temuan ini menegaskan urgensi responsivitas dalam menjaga kesuksesan penjualan online.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa sebanyak 77% konsumen mengharapkan respons dari customer service dalam waktu kurang dari 2 menit. Faktor responsivitas dan kualitas layanan ini menjadi kunci dalam menentukan apakah sebuah transaksi akan berhasil atau batal.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Sukses Berjualan di Marketplace? Ini Tipsnya!
Bagaimana Cara Menjual Produk di Marketplace dengan Cepat?

Komunikasi Sebelum Pembelian

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sebanyak 48% konsumen cenderung menghubungi agen penjualan atau customer service sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Terutama, konsumen di atas usia 30 tahun cenderung melakukan konsultasi sebelum pembelian.

Kebutuhan untuk berkomunikasi dengan agen juga menjadi penting bagi konsumen, terutama dalam mendapatkan update tentang produk, seperti deskripsi detail, ketersediaan stok, dan foto produk. Produk-produk seperti elektronik, fashion, kesehatan, dan kebutuhan rumah tangga adalah yang paling memerlukan layanan customer service yang responsif.

Asnawi Jufrie, Regional GM of ASEAN SleekFlow, menegaskan pentingnya laporan ini bagi pelaku bisnis, baik UMKM maupun perusahaan besar, untuk meningkatkan proses penjualan mereka. Melalui insight yang diberikan, mereka dapat mengoptimalkan konversi dan meningkatkan pengalaman konsumen.

SleekFlow, platform omnichannel, memfasilitasi perusahaan dalam komunikasi bisnis lintas platform, seperti WhatsApp, SMS, dan media sosial. Salah satu inovasi terbaru mereka adalah SleekFlow AI, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk merespons chat dengan lebih cepat dan efektif.

SleekFlow AI juga dapat menjadi asisten bagi tim customer service dalam menulis tanggapan yang sesuai dengan gaya dan struktur bahasa perusahaan. Selain itu, AI ini juga mampu membuat rangkuman dari percakapan dengan konsumen, membantu identifikasi masalah dan solusi yang diberikan.

Baca Juga:
Panduan Praktis Jual Barang di Facebook Marketplace
Survei: Live Streaming Jadi Strategi Penjualan Utama E-commerce

Dengan solusi ini, SleekFlow telah mengamati pencapaian yang luar biasa, dengan pertumbuhan penggunaan yang meningkat hingga enam kali lipat selama tahun 2022 dan pengiriman sekitar 32 juta pesan WhatsApp oleh 5.000 pengguna mereka, mencerminkan dampak positifnya terhadap penjualan online.

Tagged in: