Pelanggan sering memberikan ulasan untuk menunjukkan kepuasan mereka setelah membeli produkmu. Ulasan ini tidak hanya memberikan gambaran seberapa puas pelanggan, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan bisnis. Beberapa bisnis terkadang menghadapi komentar negatif yang menjadi viral di media sosial, yang bisa disebabkan oleh kualitas produk atau layanan. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan review positif dari pelanggan tanpa manipulasi.

Baca Juga: Bagaimana Mengelola Karyawan dengan Lebih Baik?

1. Tanggapi Review Negatif

Jika bisnis kamu memiliki platform review online, seperti Google, penting untuk merespons review negatif dan positif dari pelanggan. Responsif terhadap ulasan menunjukkan bisnis kamu terbuka terhadap masukan pelanggan. Mengabaikan review negatif bisa membuat bisnismu terlihat tidak peduli dan tidak mendengarkan opini pelanggan.

2. Bagikan Review Positif

Ketika menerima ulasan positif, bagikan ulasan tersebut di website atau media sosial bisnis kamu. Ini bisa menjadi strategi promosi untuk menarik perhatian calon pelanggan. Selain itu, membagikan ulasan positif juga bisa mendorong orang lain untuk memberikan ulasan menyenangkan tentang pengalaman mereka dengan produkmu.

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Kemampuan Soft Selling

3. Beri Review Positif pada Pelanggan

Kamu bisa mendapatkan ulasan positif dengan memberikan penilaian positif kepada pelanggan terlebih dahulu. Contohnya, berinteraksi dengan pelanggan melalui media sosial, mengenal mereka, dan mungkin mengunggah foto bersama dengan ucapan terima kasih. Cara ini membuat pelanggan merasa dihargai dan mengingat bisnismu dengan kesan yang baik.

Tagged in: