Ramadhan 2024 menjadi kesempatan emas bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka. Lonjakan kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 2024 menciptakan potensi besar bagi pengusaha. Statistik dari Tokopedia menunjukkan adanya peningkatan hingga hampir lima kali lipat dalam transaksi produk hadiah, fesyen muslim, daging, dan seafood dibandingkan dengan bulan Februari 2024.

Baca Juga: 4 Strategi Sukses Jualan di Instagram Saat Ramadhan

Pemanfaatan Platform Digital

Aplikasi seperti TikTok juga menjadi sarana efektif untuk meningkatkan penjualan. Produk seperti baju muslim wanita, skinker, dan atasan wanita mengalami peningkatan transaksi 1,4 kali lipat dibandingkan dengan bulan Februari 2024.

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, berbagi lima tips untuk meningkatkan penjualan UMKM selama bulan Ramadhan. Pertama, pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan dengan strategi bundling produk, terutama untuk produk kebutuhan sehari-hari.

Membuat Hampers Khusus Selama Ramadhan 2024

Kedua, pembuatan hampers edisi spesial Ramadhan dapat meningkatkan penjualan menjelang Idul Fitri. Penting untuk menggunakan kata kunci yang tepat untuk menarik minat pembeli.

Kolaborasi dengan Influencer

Pelaku usaha dapat meningkatkan strategi pemasaran dengan berkolaborasi dengan influencer yang relevan sesuai dengan anggaran dan tujuan penjualan. Penggunaan fitur seperti Dipromosikan Affiliate di Tokopedia dapat menjadi solusi efektif.

Live Streaming dan Pasang Iklan Ramadhan 2024

Strategi lainnya adalah menggunakan live streaming dengan konten menarik untuk menjangkau target audiens yang tepat. Selain itu, pemasangan iklan melalui fitur seperti TopAds juga dapat membantu produk tampil di hasil pencarian teratas.

Baca Juga: 15 Ide Menu Takjil Ramadhan untuk Bisnis Berbuka Puasa

Dengan menerapkan strategi-strategi yang telah disebutkan, pelaku UMKM dapat memanfaatkan momentum Ramadhan dengan mengoptimalkan peluang yang ada untuk meraih peningkatan penjualan yang signifikan. Dalam suasana Ramadhan yang penuh berkah, mereka dapat menghubungkan dengan konsumen secara lebih mendalam, menciptakan hubungan yang kuat, dan menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan demikian, tidak hanya penjualan yang meningkat, tetapi juga potensi untuk memperluas pangsa pasar, memperkuat merek, dan membangun basis pelanggan setia akan semakin besar, membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi bisnis UMKM.