Pengguna aplikasi mobile banking atau M-Banking dapat mengakses layanan ini di mana saja dan kapan saja, termasuk menggunakan WiFi publik. Namun, mengakses aplikasi perbankan dengan WiFi publik memiliki risiko terserang malware atau phising.

Baca Juga:
Siap Memulai Bisnis? Ketahui 5 Hal Penting Ini!
Cara Agar Baterai HP Android Kamu Tahan Lebih Lama

Bahaya Mengakses M-Banking dengan WiFi Publik

Menggunakan WiFi publik untuk M-Banking tidak hanya berisiko terhadap phising dan malware, tetapi juga terhadap serangan Man-in-the-Middle (MITM). Serangan MITM adalah jenis serangan siber di mana penyerang menyusup dan memantau komunikasi antara dua pihak yang berkomunikasi langsung.

Tips Aman Menggunakan M-Banking dengan WiFi Publik

Untuk menjaga keamanan saat menggunakan mobile banking di WiFi publik, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN mengenkripsi koneksi internet Anda, melindungi data yang dikirim dan diterima. VPN juga menyembunyikan alamat IP asli Anda dan menggantinya dengan alamat IP dari server VPN, membuat aktivitas online lebih anonim dan sulit dilacak.

2. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan otentikasi dua faktor (2FA). Setiap kali masuk ke akun perbankan, Anda memerlukan kode tambahan yang dikirim ke ponsel Anda.

3. Periksa Keamanan Situs Web

Pastikan situs web perbankan menggunakan protokol HTTPS, yang ditandai dengan “https://” di awal URL. HTTPS menunjukkan bahwa semua data yang ditransmisikan antara browser dan server situs web dienkripsi.

4. Hindari Jaringan WiFi yang Tidak Aman

Jangan gunakan jaringan WiFi yang tidak memerlukan kata sandi atau terlihat mencurigakan. Pilih jaringan yang lebih terpercaya seperti yang disediakan oleh kafe atau hotel terkemuka.

5. Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan perangkat Anda selalu menggunakan versi perangkat lunak terbaru, karena pembaruan sering kali mencakup perbaikan keamanan yang melindungi dari ancaman terbaru.

6. Gunakan Aplikasi M-Banking Resmi

Selalu gunakan aplikasi perbankan resmi yang diunduh dari toko aplikasi terpercaya seperti Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur keamanan tambahan yang tidak tersedia di versi web.

Baca Juga:
Panduan Praktis Memulai Investasi untuk Pemula
Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham untuk Pemula?

7. Matikan Koneksi Otomatis ke WiFi

Nonaktifkan fitur yang memungkinkan perangkat Anda terhubung secara otomatis ke jaringan WiFi terbuka, untuk mencegah perangkat terhubung ke jaringan yang tidak aman tanpa sepengetahuan Anda.

Itulah beberapa tips untuk menjaga keamanan saat menggunakan aplikasi mobile banking dengan WiFi publik. Semoga bermanfaat.

Tagged in: